Beranda PERISTIWA Penerbangan Kepulangan Jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin Delay 30 Jam

Penerbangan Kepulangan Jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin Delay 30 Jam

Jemaah Haji
Jadwal penerbangan Jemaah haji kloter 1 embarkasi Banjarmasin mengalami keterlambatan hingga 30 jam. Terkait hal ini PT Garuda Indonesia (Persero) langsung memberikan klarifikasi pada Minggu (24/7/2022).

Delay yang dialami jemaah haji mencapai lebih dari 30 jam ini menurut Direktur Layanan dan Niaga Garuda Indonesia Ade R Susardi, penyesuaian jadwal penerbangan tersebut dikarenakan adanya kendala teknis pada kondisi pesawat A330-300 pada penerbangan GA 8201 yang melayani penerbangan dari Jeddah menuju Banjarmasin.

Hal ini mengharuskan dilakukannya prosedur perbaikan secara komprehensif. “Penyesuaian pengoperasian layanan penerbangan tersebut dilakukan setelah petugas kami melakukan inspeksi secara menyeluruh dalam persiapan operasional penerbangan,” ujar Ade dalam keterangan resminya, Minggu (24/7/2022).

Ade juga menambahkan, dalam proses inspeksi tersebut petugas menemukan komponen pesawat yang perlu dilakukan perbaikan sebelum dioperasikan, termasuk melalui asesmen kebutuhan penggantian suku cadang komponen penunjang pada mesin pesawat.

Hal tersebut tentunya dilakukan dengan senantiasa mengedepankan fokus penerapan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan pada seluruh lini guna memastikan bahwa keseluruhan komponen kelayakan pesawat selalu dalam keadaan optimal ketika akan dioperasikan.

“Sehubungan dengan penyesuaian jadwal tersebut, maka penerbangan jamaah haji kloter 1 embarkasi Banjarmasin akan diberangkatkan kembali pada (25/7) pukul 12.00 waktu setempat,” ujarnya.

Terkait dengan tindak lanjut penyesuaian jadwal tersebut, Garuda Indonesia juga telah menyampaikan sejumlah kebijakan service recovery kepada penumpang melalui pemberian fasilitas akomodasi hingga penginapan bagi keseluruhan penumpang yang terdampak.

“Melalui kesempatan ini kami turut menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan yang terjadi,” katanya.

Dengan kejadian ini menjadi catatan penting bagi Garuda Indonesia untuk terus mengoptimalkan upaya peningkatan kualitas layanan khususnya melalui layanan penerbangan haji yang pada tahun ini kembali diberlakukan setelah lebih dari dua tahun lamanya tertunda.

Sebelumnya, penerbangan jemaah haji kloter 1 Embarkasi Banjarmasin (BDJ) mengalami keterlambatan (delay). Dari rencana semula, kloter 1 BDJ meninggalkan Saudi dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah dengan pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan GIA 8202 pada Minggu (24/5/2022) pukul 05.05.

Namun akibat kerusakan pesawat, keberangkatan 358 jemaah haji dijadwalkan ulang pada Senin (25/7/2022) pukul 12.00. Saat pengumuman adanya delay penerbangan, ratusan jamaah kloter 1 BDJ telah tiba di bandara.

Bahkan jamaah haji sudah melewati pemeriksaan imigrasi dan masuk ruang tunggu. Namun beberapa menit jelang naik pesawat, jamaah mendapat pengumuman bahwa pesawat mengalami delay. Karena mengalami delay, sekitar pukul 09.00, jamaah diangkut kembali naik bus dan menuju empat hotel transit di Jeddah.

Artikulli paraprakLink Live Streaming Laga Borneo FC Vs Arema FC di Liga 1
Artikulli tjetër3 Orang Pria WNA Ditangkap Terkait Narkoba