Beranda PARIWISATA TRAVEL Inilah Aturan Terbaru Naik Pesawat Khusus Penumpang Lion Air Group

Inilah Aturan Terbaru Naik Pesawat Khusus Penumpang Lion Air Group

Naik Pesawat
Inilah aturan terbaru naik pesawat, Minggu 24 Juli 2022 bagi penumpang maskapai Lion Air Group yang terdiri dari Wings Air dan Batik Air. Hal ini berkaitan dengan pemerintah telah menetap aturan terbaru naik pesawat yang mulai  berlaku Minggu 17 Juli 2022,

Bagi masyarakat yang hendak melakukan perjalanan udara dengan naik pesawat wajib sudah divaksin booster.

Calon penumpang pesawat yang baru divaksin dosis kedua dan pertama diharuskan mematuhi syarat tambahan sesuai Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19.

Adapun calon penumpang yang telah divaksin booster, cukup menunjukkan sertifikat vaksin dan bisa lolos melakukan perjalanan udara tanpa ada syarat lain.

Dalam aturan terbaru naik pesawat, penyesuaian kebijakan perjalanan dalam negeri tertuang dalam SE Nomor 21 Tahun 2022.

Selain itu, calon penumpang Pesawat juga wajib mematuhi beberapa protokol kesejatan atau Prokes selama berada di Bandara maupun dalam pesawat.

Untuk lebih lengkapnya, ini aturan terbaru naik pesawat Maskapai Lion Air Group, Wings Air dan Batik Air terbaru Juli 2022.

Inilah aturan terbaru naik pesawat bagi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN):

1. Sudah mendapatkan vaksin booster

Tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.

2. Baru mendapatkan vaksin dosis kedua

Wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1×24 jam sebelum keberangkatan.

Atau, menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3×24 jam sebelum keberangkatan.

PPDN yang baru mendapatkan vaksinasi dosis kedua juga bisa melakukan vaksinasi booster langsung atau on-site saat keberangkatan.

3. Baru mendapatkan vaksin dosis pertama

Wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3×24 jam sebelum keberangkatan.

4. Kondisi kesehatan tertentu/penyakit komorbid

– Wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3×24 jam sebelum keberangkatan.

– Wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit milik pemerintah yang menyatakan bahwa PPDN belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.

5. Usia 6-17 tahun

  • Wajib menunjukkan kartu/sertifikat vaksin dosis kedua.
  • Tidak perlu menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.

6. Usia di bawah 6 tahun

  • Tidak wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.
  • Wajib melakukan perjalanan dengan pendamping yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi, pemeriksaan Covid-19, serta menerapkan protokol kesehatan secara ketat.
  • Aturan perjalanan di atas dikecualikan untuk angkutan udara perintis, termasuk penerbangan di wilayah perbatasan, daerah 3 T atau tertinggal, terdepan, dan terluar, sesuai dengan kondisi daerah masing-masing.

Berikut Syarat Khusus Naik Pesawat Lion Air Grup mulai Batik Air hingga Wings Air terbaru:

  • Bagi calon penumpang yang sudah divaksinasi dosis ketiga (booster) usia di atas 17 tahun, tidak wajib menunjukkan hasil tes negatif rapid test antigen dan PCR
  • Bagi calon penumpang yang sudah divaksinasi dosis kedua usia di atas 17 tahun, wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen 1×24 jam atau PCR 3×24 jam. Selain itu, dapat melakukan vaksinasi dosis Booster on-site saat keberangkatan
  • Bagi calon penumpang yang sudah divaksinasi dosis pertama usia di atas 17 tahun, wajib menunjukkan hasil negatif PCR Masa berlaku 3×24 jam
  • Bagi calon penumpang belum/tidak dapat vaksin dengan kondisi kesehatan khusus dan penyakit komorbid, wajib menunjukkan hasil negatif PCR 3×24 jam dan melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan belum dan/ atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.

Syarat vaksinasi dan tes Covid-19 usia 6-17 tahun

Bagi calon penumpang usia 6-17 tahun wajib menunjukkan kartu/sertifikat vaksin dosis kedua tanpa melampirkan hasil tes negatif Covid-19.

Syarat perjalanan udara untuk usia di bawah 6 tahun

Bagi calon penumpang usia di bawah 6 tahun dikecualikan dari ketentuan vaksinasi Covid-19 dan tak wajib menunjukkan hasil tes Covid-19.

Selain itu, calon penumpang wajib melakukan perjalanan dengan pendamping yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi dan pemeriksaan Covid-19 serta menerapkan protokol kesehatan.

Artikulli paraprakVideo Terbaru Cupi Cupita Tuai Asumsi Netizen
Artikulli tjetërBarito Putera Dibantai Madura United 0-8, Terburuk Sepanjang Karier Dejan Antonic Sebagai Pelatih