Beranda PARIWISATA Gubernur Kalsel Berharap Geopark Meratus Terwujud Menjadi Unesco Global Geopark

Gubernur Kalsel Berharap Geopark Meratus Terwujud Menjadi Unesco Global Geopark

Gubernur
Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor, mengapresiasi gelaran kompetisi foto Geopark Meratus hasil kerja sama LKBN Antara Biro Kalsel, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalsel dan Badan Pengelolaan Geopark Meratus.

Pada kasempatan ini, Gubernur Kalsel menginginkan setiap pihak berkontribusi dan berkolaborasi mempromosikan keindahan, keunikan, dan potensi pegunungan Meratus untuk mewujudkan Geopark Meratus sebagai UNESCO Global Geopark.

“Kita patut bersyukur dianugerahi kekayaan dan keindahan alam luar biasa yang tersimpan di pegunungan Meratus, keunikan alam seperti keragaman biologi berpadu keragaman hayati dan budaya luhur,” kata Gubernur Kalsel, pada malam penyerahan penghargaan kompetensi tersebut di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin, dilansir dari InfoPublik,pada 26 Juli 2022.

Sahbirin menambahkan, dalam perwujudan Geopark Meratus, Pemerintah Provinsi Kalsel mengusung konsep pengembangan ekonomi masyarakat, bertumpu pada tiga pilar, yaitu konservasi, edukasi, dan pembangunan ekonomi rakyat secara berkelanjutan, sesuai semboyan UNESCO Global Geopark, yakni memuliakan warisan dunia dan mensejahterakan masyarakat setempat.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kalsel, Muhammad Muslim sekaligus selaku perwakilan Badan Pengelolaan mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya agar Geopark Meratus menjadi geopark tingkat dunia.

“Upaya-upaya tersebut sudah kita lakukan, diantaranya penguatan data kajian ilmiah dan pembuatan rencana induk pengembangan Geopark Meratus,” kata Muslim.

Tidak hanya itu, Muslim menjelaskan, pihaknya juga telah melakukan sejumlah upaya promosi di berbagai media, baik media sosial ataupun website yang dimiliki.

“Selain melalui berbagai media, kita juga mempromosikannya melalui kompetisi foto ini, melombakan tiga kategori, yakni kategori bentang alam, kategori hayati, serta katagori budaya dan kearifan lokal, yang diikuti 103 peserta,” kata Muslim.

Muslim pun berharap, melalui kompetisi ini potensi dan keindahan alam, hayati, dan budaya Geopark Meratus lebih dikenal banyak orang.

Artikulli paraprakPenyebab Gigi Berlubang dan Ketahuilah Cara Mencegahnya
Artikulli tjetërGubernur Kalimantan Selatan Sambut Kedatangan Jemaah Haji Kloter 1