Beranda INFO SEHAT 5 Tips Ampuh Agar Tidur Tidak Mendengkur

5 Tips Ampuh Agar Tidur Tidak Mendengkur

tidur
Source via: https://pixabay.com/id/photos/kekasih-dewasa-kamar-tidur-1822498/

Kebiasaan tidur mendengkur membuat kepercayaan diri menurun karena malu saat tidur bersama orang lain. Misalnya saat acara kumpul keluarga jauh dan lainnya, apalagi suara dengkuran sering kali terdengar keras dan tidak berhenti sehingga mengganggu orang yang tidur di samping Anda. Untunglah, banyak tips agar tidur tidak mendengkur secara alami.

Tidur mendengkur memang bukan penyakit serius, tetapi menjadi pertanda masalah pada kesehatan tubuh. Misalnya karena masalah struktur mulut, tenggorokan maupun hidung, kurang tidur maupun karena obesitas.

Tips Menghilangkan Kebiasaan Ngorok Saat Tidur

Banyak cara menghilangkan ngorok saat tidur secara alami yang bisa diterapkan di rumah, Anda bisa melakukannya bersama pasangan jika keduanya ngorok. Anda bisa menerapkan tips dibawah ini, yaitu:

1. Mengubah Posisi Tidur

Penyebab tidur ngorok dan cara menghilangkannya harus dipahami sehingga mudah diatasi. Untuk menghilangkan dengkuran saat tidur, Anda bisa mengubah posisi tidur dengan cara mengangkat kepala sekitar 10 sentimeter. Posisi tersebut bisa memudahkan pernapasan dan mendorong lidah maupun rahang bergerak lebih maju.

Anda bisa membeli bantal khusus agar posisi tidur bisa diatur maksimal, dengan begitu tidur tidak lagi mendengkur. Tidur miring juga alternatif tepat untuk mencegah dengkuran. Anda bisa mengganjal punggung belakang Anda dengan bantal sehingga tubuh tidak kembali ke posisi semula atau posisi terlentang.

Sebagian orang mengalami hidung tersumbat sehingga tidur mendengkur, solusinya adalah membersihkan saluran hidung. Bilas sinus menggunakan larutan garam sebelum beranjak tidur, Anda bisa menggunakan dekongestan hidung maupun strip hidung sehingga memudahkan Anda bernapas.

2. Menjaga Kebersihan Kamar

Sejatinya, tenggorokan dan hidung bisa mengalami pembengkakan lantaran alergi di rumah. Misalnya karena debu ataupun asap rokok, bahkan alergi tersebut memicu Anda mendengkur saat tidur.

Agar tidur tidak mendengkur, berusahalah menghindari faktor pemicu dengkuran. Jika Anda mendengkur akibat alergi, kebersihan tempat tidur dan kamar harus dijaga. Jagalah kualitas udara di kamar tidur sebaik mungkin, Anda bisa menggunakan pelembab udara sehingga udara selalu sejuk dan sehat.

3. Berhenti Merokok

Tips agar tidur tidak mendengkur selanjutnya adalah menghentikan kebiasaan merokok. Iritasi karena asap rokok membuat saluran pernapasan menyempit dan menimbulkan peradangan di tenggorokan. Jika tidak diatasi, lama-lama memicu Anda mendengkur saat tidur.

Berusahalah berhenti merokok walaupun secara bertahap. Anda bisa merokok 4 sampai 5 batang setiap hari, lalu kurangi merokok setiap harinya sampai Anda terbiasa tidak merokok.

Selain berhenti merokok, Anda juga bisa menghindari minuman beralkohol karena membuat otot lidah maupun tenggorokan menjadi lemah. Otomatis, menimbulkan dengkuran dan sulit diatasi jika tidak menerapkan pola hidup sehat.

Selain menerapkan tips membersihkan kamar dan pendukungnya, asupan cairan harus terpenuhi. Asupan cairan yang tidak terpenuhi menyebabkan lendir di hidung lebih lengket. Bahkan kekurangan air minum bisa menyebabkan Anda mendengkur, berusahalah minum air putih 8 gelas setiap hari.

Jika kondisi kesehatan tidak fit, perbanyak minum air putih dan mengkonsumsi buah-buahan sehingga tubuh lebih bugar. Jika masih gagal, Anda bisa mencari obat mendengkur di apotik di wilayah tempat tinggal.

4. Menggunakan Sprei yang Nyaman dan Bersih

Mendengkur saat tidur disebabkan berbagai faktor, termasuk sprei yang Anda gunakan. Anda harus menjaga kebersihan sprei, bantal dan selimut sehingga kualitas tidur terjaga. Jangan biarkan tidur Anda tidak maksimal karena bisa mengganggu rutinitas keesokan harinya. Untuk sprei, pilihlah produk berkualitas dan berbahan lembut sehingga menjaga kenyamanan Anda selama tidur.

Jangan tergiur dengan harga murah tetapi kualitasnya masih diragukan. Lebih baik memilih sprei mahal tetapi bisa bertahan lama karena berkualitas, dengan begitu ngorok bisa diatasi karena spreinya nyaman.

5. Menggunakan Nasal Strip

Tips selanjutnya bisa menggunakan nasal strip untuk mencegah dengkuran saat tidur. Alat tersebut dijual bebas di Apotik sehingga bisa dibeli di wilayah tempat tinggal, bentuk alatnya seperti plester. Sementara cara menggunakannya di tempel di pangkal hidung.

Nasal strip berfungsi membuat saluran napas lebih terbuka sehingga aliran udara di tenggorokan dan hidung tetap lancar selama Anda tidur.

Faktor usia juga membuat Anda mendengkur saat tidur, untuk mengatasi dengkuran karena usia bisa melakukan senam mulut atau myofunctional therapy untuk membantu memperkuat otot-otot di sekitar mulut yang mulai melemah.

Untuk gerakannya beragam sehingga bisa dipilih sesuai keinginan. Gerakan senam mulut untuk mengatasi dengkuran saat tidur meliputi:

  • Gerakan mendorong lidah ke kiri maupun ke kanan. Usahakan setiap gerakan, Anda tahan sekitar 10 detik dan ulangi sampai 10 kali.
  • Gerakan berikutnya adalah mendorong ujung lidah ke langit-langit mulut. Saat menyentuh langit-langit mulut, tahan sekitar 5 detik dan ulangi sampai 10 kali.
  • Gerakan mendorong lidah keluar dari mulut sampai menyentuh hidung. Pastikan Anda menahan gerakan sekitar 10 detik dan ulangi sebanyak 10 kali.

Banyak cara mengatasi mendengkur atau ngorok saat tidur, baik secara alami dengan menerapkan pola hidup sehat maupun menggunakan obat. Jika Anda ingin membeli alat untuk mengatasi dengkuran atau sprei khusus pencegah ngorok, Blibli bisa jadi solusinya. ECommerce buatan karya anak negeri terbaik di Indonesia.

Kecepatan pengiriman Blibli didukung armada BES dan memiliki 15 mitra logistik. Alhasil proses pengiriman produk ke rumah konsumen super cepat, apalagi produk yang disediakan lengkap dan berkualitas. Termasuk alat yang memudahkan Anda mencegah ngorok saat tidur. Anda cukup menggunakan Smartphone Anda untuk membeli berbagai produk sesuai kebutuhan. Semoga tips agar tidur tidak mendengkur di atas bermanfaat untuk Anda.

Artikulli paraprakBarito Putera Dikalahkan Bhayangkara FC dengan Skor 2-3
Artikulli tjetërKejagung Periksa Direktur Layanan Garuda Indonesia Terkait Kasus Pengadaan Pesawat