Beranda INFO SEHAT 5 Cara Mengobati Batuk secara Alami

5 Cara Mengobati Batuk secara Alami

Mengobati Batuk
Tak hanya dengan obat-obatan, ada berbagai cara mengobati batuk secara alami. Cara ini diketahui cukup efektif dalam meredakan batuk dan bisa dengan mudah Anda lakukan sendiri di rumah.

Batuk adalah cara alami tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari zat atau benda asing yang bisa memicu iritasi. Batuk terus-menerus bisa menggangggu aktivitas sehari-hari, bahkan berdampak buruk bagi kesehatan. Kabar baiknya, Anda bisa melakukan berbagai cara untuk mengobati batuk secara alami dari rumah.

Berbagai Cara Mengobati Batuk secara Alami

Berikut ini adalah beberapa cara mengobati batuk secara alami yang bisa dicoba:

Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Saat batuk atau sakit tenggorokan, perbanyaklah asupan cairan dengan minum air hangat, sup, atau teh. Selain mengatasi tenggorokan kering, konsumsi cairan dalam jumlah yang cukup juga dapat memudahkan saluran pernapasan dalam membersihkan kotoran.

Tak hanya meredakan batuk, mencukupi asupan cairan setidaknya 8 gelas atau 2 liter air putih juga baik untuk mencegah tubuh dari dehidrasi.

Konsumsi madu

Konsumsi madu juga bisa menjadi cara yang efektif untuk mengobati batuk secara alami. Madu memiliki sifat antibakteri dan mampu mengurangi iritasi pada tenggorokan. Beberapa penelitian menemukan bahwa konsumsi madu sebelum tidur bisa mengurangi batuk di malam hari dan meningkatkan kualitas tidur.

Untuk mendapatkan manfaat madu ini, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau menambahkannya ke dalam teh atau air hangat. Namun, hindari memberikan madu pada bayi di bawah usia 1 tahun untuk mencegah terjadinya botulisme.

Kumur air garam

Cara mengobati batuk secara alami selanjutnya adalah berkumur dengan air garam. Cara ini bisa meredakan iritasi pada tenggorokan, terutama pada kondisi batuk kering.

Caranya pun mudah dan sederhana, Anda hanya perlu melarutkan 1 sendok teh garam dengan segelas air hangat, berkumurlah, dan ludahkan. Anda bisa melakukan cara ini beberapa kali sehari.

Jaga kebersihan rumah atau kamar

Jika Anda memiliki alergi terhadap bulu hewan peliharaan, debu, atau serbuk sari, sebaiknya pastikan untuk selalu menjaga kebersihkan di lingkungan rumah. Misalnya ganti dan cucilah sprei secara rutin, bersihkan lantai dengan penyedot debu, dan bersihkan jendela-jendela rumah.

Bila perlu, gunakanlah alat pembersih udara atau air purifier agar terhindar dari zat yang memicu iritasi atau alergi. Menghirup udara bersih dapat mengurangi iritasi tenggorokan dan meredakan batuk secara alami.

Gunakan aromaterapi dengan minyak eukaliptus

Anda juga bisa menggunakan aromaterapi, seperti minyak eukaliptus, untuk mengobati batuk secara alami. Tak hanya menghangatkan tubuh, minyak eukaliptus mampu bekerja sebagai dekongestan alami dan memiliki efek antimikroba untuk mengatasi masalah pernapasan, termasuk batuk.

Selain itu, menambahkan minyak esensial eukaliptus ke dalam diffuser juga bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Jika tidak ada diffuser, Anda bisa menghirup langsung dari botol minyak eukaliptus atau bisa menggunakan mangkuk berisi air panas dan tambahkan beberapa tetes minyak eukaliptus.

Selain beberapa cara di atas, batuk juga bisa terjadi akibat naiknya asam lambung atau GERD. Pada kondisi ini, sangat disarankan untuk menghindari makanan pemicu asam lambung naik, seperti makanan tinggi lemak, makanan asam, kafein, dan makanan pedas.

Jika berbagai cara mengobati batuk secara alami di atas tidak mampu meredakan keluhan atau batuk disertai dengan sesak napas, mengi, nyeri dada, demam, dan panas dingin, segeralah konsultasikan ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Artikulli paraprakBarito Putera Dibantai Madura United 0-8, Terburuk Sepanjang Karier Dejan Antonic Sebagai Pelatih
Artikulli tjetërLink Live Streaming Laga Borneo FC Vs Arema FC di Liga 1